Rabu, November 14, 2007

30 April 2004

Hari itu, Jum’at 30 April 2004, jam 3 pagi, Tia dengan panik ngebangunin gue. Ada air yang keluar dari selangkangannya, padahal waktu itu belum lagi genap 8 bulan dia hamil. Gue langsung samber hape dan dial nomor hape Bintari, sepupunya Tia yang kebetulan lagi ngambil spesialisasi Obstetri dan Ginekologi. Bintari bilang, ketuban Tia pecah. Gak mau ambil risiko, Bintari langsung ngajak Tia dan gue pergi ke RSIA Hermina Jatinegara.

Di Hermina, Tia langsung di-rush ke ruang bersalin sementara suster jaga sibuk nelponin Dokter Hasnah Siregar, dokter yang secara rutin meriksain bayi di perut Tia. Beberapa alat dipasang di perut Tia buat memonitor keadaan bayi di dalemnya. Beberapa kali suster mencet bel yang ditempelin di perut Tia setiap kali grafik di layar monitor menurun. Dari bagian administrasi gue dapet informasi bahwa Dokter Hasnah akan mengeluarkan bayi dari perut Tia lewat jalan operasi dan dijadwalin operasinya jam 10 pagi. Bagian administrasi lalu minta gue buat ngurus masalah keuangan.


Namanya orang panik, pasti ada aja yang ketinggalan. Gue gak bawa duit! Dan gue gak mungkin balik ke Billy&Moon karena yang ada di RS cuma mertua gue yang saking paniknya sampe harus menghirup Ventolin beberapa kali. Untung aja di dompet gue ada keselip satu kartu kredit, masalah selesai untuk sementara. Gue gak tau gimana gue bias ngelunasin semua biaya operasi sebelom operasi dimulai tanpa harus ninggalin rumah sakit. Tuhan emang ada ternyata karena kira-kira jam 8 pagi, hape gue bunyi dan ternyata boss gue yang nyambung nanyain kenapa gue gak ke kantor. Ini mungkin emang cara Tuhan buat nolong bayi di dalem perut Tia. Boss gue dengan senang hati mao dateng ke Hermina sambil bawain duit CASH supaya Tia bisa segera dioperasi. (Duit itu dihitung sebagai pinjaman dan gue cicil tiap bulan sampe lunas – no interest! Hehehehe … Makasih Bu!).


Tia akhirnya masuk ke ruang operasi setelah Dokter Hasnah, yang terlambat karena jalanan macet, akhirnya sampe di Hermina dan dokter ahli anastesinya selesai sholat Jum’at. Selesai operasi, gue dicariin dokter Hasnah. Kata mertua gue, nama gue beberapa kali dipanggil lewat speaker. (Gue lagi nenangin diri waktu itu, nyusurin jalan di depan rumah sakit sambil komat-kamit baca semua doa yang gue bisa). Ternyata menurut dokter Hasnah, penyebab pecahnya ketuban Tia adalah myoma. Beliau kasih unjuk irisan myoma yang diangkat dari rahim Tia. (Maaan, that was big!) Sedihnya lagi, itu berarti gue harus kena charge tambahan untuk pengangkatan myoma itu (Gak ngerti gue … Lha kan perut dan rahim Tia juga sedang diedel-edel buat ngeluarin bayi, kok mereka nge-charge separuh biaya operasi CS untuk itu).


Kalo ada hal yang gue seselin pada hari itu adalah bahwa gue gak bisa ngelantunin azan dan iqamat dengan sempurna ke kuping bayi gue, karena dia harus buru-buru dimasukin ke dalam inkubator. Berat bayi perempuan yang dikeluarin dari perut Tia cuma 1,7 kg. Itu pun langsung drop sampe 1.6 kg setelah hari pertama di inkubator. Gak kerasa air mata gue jatuh juga ngeliat bayi itu ditusuk-tusuk jarum di kaki kanan, monitor jantung di kaki kiri, serta selang oksigen dan selang susu di hidung. Gue langsung pergi dari ruang Perinatalogi tempat bayi gue dirawat buat nengokin Tia di ruang recovery. Di sana gue ngeliat pemandangan yang gak kalah “serem”. Tia gak juga sadar dan bibirnya udah biru. Tia emang punya masalah dengan tekanan darah, jadi efek anastesinya lebih lama hilangnya.


That’s it! Gue akhirnya gak tahan juga … Dalam satu hari, bisa jadi gue kehilangan dua mahluk yang paling gue sayangin di dunia ini, bayi gue dan ibunya. Gue lari ke musholla di dalam gedung Hermina. Selesai sholat Maghrib, gue berdoa sekhuysuk-khusyuknya kepada Allah SWT minta supaya mereka diselamatin. Ada hal aneh malam itu yang terjadi sama diri gue. Ketika gue lagi terisak-isak numpahin semua beban emosi, gue dikagetin oleh kehadiran seorang bocah perempuan berumur 2 tahunan. Bocah itu tanpa ragu-ragu ngajak gue bercanda dan maen ciluk-ba pake gorden pemisah yang ada di musholla itu. Mau gak mau gue, dengan mata sembab, akhirnya tersenyum ngeladenin bocah cantik itu. Gak lama setelah gue berhasil nguasain diri, bocah itu pergi menghampiri seorang laki-laki. Gue kelarin doa gue dan langsung keluar mencari bocah perempuan itu dan (mungkin) bapaknya. Maksudnya sih cuma mau bilang terima kasih. Tapi gue gak pernah berhasil nemuin mereka, padahal gue yakin sela waktu antara mereka pergi dari musholla dan gue keluar mencari mereka gak lebih dari satu menit.


Setelah kejadian itu gue jadi agak tenang buat ngejalanin semua yang harus gue jalanin. Tia baru bisa ngeliat bayi yang dikeluarin dari perutnya pada hari ketiga dia di rumah sakit. Kita berdua hanya bisa sedih setiap kali ibu yang tidur satu kamar dengan Tia didatengin oleh suster yang membawa bayinya untuk disusuin, sementara bayi kami berdua gak boleh dibawa kemana-mana. Kami pulang ke rumah pun tanpa bayi kami. Dokter Idham yang ngerawat bayi itu bilang anak kami baru boleh keluar kalau beratnya sudah mencapai minimal 2 kg.


Selama seminggu kami bolak-balik ke Hermina buat nganterin ASI. Itu pun kami hanya bisa ngeliat bayi kami untuk beberapa puluh menit aja. Karena alasan biaya, kami memindahkan bayi kami RSB Asih atas saran tantenya Tia, Dr. Rulina Suradi. Biaya perawatan di ruang Perinatalogi Hermina saat itu mencapai 1 juta per hari, sedang di RSB Asih kami hanya membayar 10%-nya saja (berkah KKN … Hehehehe …). Setiap malam sebelum tidur, gue dan Tia selalu berdoa demi kesehatan anak kami. Beberapa hari pertama, gue bahkan gak pernah bisa kelar baca surah Yaasin untuk dia, karena selalu aja gue jadi nangis tersedu-sedu mengingat bahwa anak kami terpisah jauh dari kami berdua, sendirian di dalam inkubator. Namun setelah menunggu selama satu bulan, akhirnya kami bisa menggendong bayi kami pulang ke rumah.


The amazing thing is that bayi yang kami beri nama Tiara Haliza Alfarani itu tumbuh sehat dan ketika dia berumur 2 tahun, Tiara bagaikan jelmaan bocah perempuan cantik yang ngajak gue bercanda di musholla RSIA Hermina ketika gue lagi menangis tersedu-sedu mengharap belas kasihan Allah SWT untuk anak dan istri gue. Ya, Dia emang Dzat yang maha pengasih dan penyayang. Here she is ...




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya terharu membaca cerita ini...syukurlah berakhir gembira dan telah menjadi anak yang sehat dan lucu.
Saya jadi terbayang bagaimana suami dulu nunggu sendirian saat saya melahirkan anak. Juga paniknya saat mendapat sekantong plastik ari-ari yang nggak tahu mau diapakan....maklum orangtua tak bisa menunggu, jadi benar-benar hanya berdua.

Anonim mengatakan...

Terharu banget... Mg 6tahun lg sy di beri anak ke empat cewek yang pintar dan imut seperti ara.