Senin, Oktober 13, 2008

Nonton "Laskar Pelangi" Bareng Ara

Hari Minggu kemarin adalah hari terakhir dalam kalender liburan lebaran Ara. TK Islam Internasional Embun Pagi udah mulai libur sejak 22 September 2008. Total jendral Ara libur sekolah selama 3 minggu. Karena satu dan lain hal, kita gak bisa menggunakan waktu liburan itu secara maksimal seperti orang-orang lain (terutama karena keterbatasan finansial, berhubung waktu liburannya kok hampir barengan dengan waktu jatuh tempo asuransi Ara dan beberapa cicilan lain, hehehehe ...). Jadilah Ara menghabiskan most of her school-off days di rumah dengan diseling pergi ke mall beberapa kali.

Minggu pagi ketika kita sekeluarga sedang menikmati bubur ayam dari abang-abang yang "kadang-kadang nawarin dagangannya, tapi kadang-kadang malah memacu motornya rada cepet pas di depan rumah kita", adik ipar gue yang sedang browsing mingguan Bintang yang "entah kenapa bisa dianter pagi-pagi oleh si Azis si loper" ngajak kita nonton film "Laskar Pelangi" (karena edisi minggu ini emang tentang film itu). Setelah menimbang-nimbang sebentar akhirnya gue dan Tia memutuskan untuk ikut.

Setelah online sebentar buat liat situs 21cineplex, kita mendapat informasi bahwa bioskop yang rada lumayan bagus dan lumayan deket dari rumah yang lagi muter Laskar Pelangi adalah Studio XXI di Mega Bekasi. Masalah berikutnya adalah menentukan jam tayang yang mana yang akan kita pilih (12:15, 14:30, 16:45, 19:00 to 21:15). Akhirnya kita memutuskan untuk ambil yang tengah hari bolong, menimbang bahwa jam segitu Ara lagi tidur siang jadi bisa aman dititipin ke neneknya. Rencana tinggal rencana karena begitu kita antri beli tiket, kita liat pengumuman bahwa tiket yang dijual saat itu adalah untuk yang maen jam 7 malem. Karena jam segitu Ara belom tidur, akhirnya kita putuskan untuk nambah satu tiket lagi untuk Ara. YAY! gue dan Tia akan nonton bareng Ara! Ini adalah pengalaman baru buat Ara dan buat kita berdua juga. Biasanya, kalo kita mao ke bioskop, kita harus milih jam tayang yang tengah hari ato malem sekalian ketika Ara lagi tidur dan nontonya juga cuma bisa di Buaran 21 (just in case kalo kita kudu pulang buru-buru, gue masih bisa maksain motor gue buat ngebut supaya cepet sampe rumah ...).

Menjelang maghrib, Ara kita suruh makan malem dan sambil kita kasih tau bahwa malem itu kita akan ajak dia ke bioskop buat nonton film. Seperti biasa Ara jadi rada kooperatif kalo ada insentifnya. Kali ini dia antusias banget dengan insentif yang akan dia dapet: pergi ke bioskop untuk kali pertama sepanjang hidupnya. Jam 6 lewat dikit kita semua udah siap dan langsung naik ke Xenia, mobil dinas Poppy yang dikasih sebagai fasilitas untuk promosi SOYJOY, produk baru kantornya (sekalian promosi ... Ayo pada beli SOYJOY dong .... biar adik ipar gue itu dapet bonus gede akhir taon ini ... hehehehehehe!)


Jam 7 kurang dikit, kita dah sampe di lobby Studio XXI yang malem itu udah padet banget sama orang-orang yang punya niatan sama kayak kita: nonton Laskar Pelangi. Supaya pengalaman nonton pertamanya lengkap, gue beli satu kotak gede popcorn buat Ara (dan kita-kita juga) dan minuman dingin. Ara seneng banget sampe-sampe dia gak bisa berdiri diem menunggu pintu studio 1 dibuka. Priceless banget deh ekspresi Ara ketika kita mulai masuk ke bioskop yang lumayan gede dan penuh orang itu. Begitu duduk, Ara langsung minta dibukain kotak popcornnya dan mulai menikmatinya sape-sampe gue harus ingetin dia supaya jangan dihabisin sebelum filmnya mulai. Sesaat sebelum mulai, gue sempetin buat bisikin ke Ara bahwa nanti lampunya akan dimatiin dan ruangan akan jadi gelap. Gue gak mau dia kaget karena tiba-tiba lampu mati dan dia jadi takut trus nangis minta keluar. Bisa runyem kan ...


Film pun mulai diputer dan Ara duduk tenang sambil menikmati popcornnya, dan filmnya juga, tentunya. Dia begitu enjoy dan ikut ketawa kenceng-kenceng ketika seisi bisokop ketawa melihat adegan lucu di layar. Namanya juga anak kecil, ada waktunya dia jadi bosen dan mengalihkan perhatiannya ke tempat lain. Ada waktunya ketika gue nengok ke dia, Ara lagi asyik mandengin lubang kecil di atas dinding tempat keluarnya sinar lampu dari proyektor. Dia colek gue dan nanya, "Itu apa?" ... Sebagai ayah yang baik dan benar, gue alihkan perhatian gue sebentar dari layar dan kasih penjelasan sederhana ke Ara tentang cara kerja proyektor. Setelah puas, Ara kembali menyimak adegan demi adegan di layar.

Namun setelah beberapa saat, dia kembali colek-colek tangan gue dan bilang kalo dia mau pipis, maka pergilah gue dan Tia untuk nganter dia pipis di toilet, dengan risiko ketinggalan beberapa scene dari film yang udah lama gue tungguin itu. Balik dari toilet, Tia sambil senyum bilang ke gue bahwa ternyata Ara merhatiin bahasa yang dipake di film itu. "Itu film dulu ya, Ma? Kok ngomongnya pake "e" gitu sih?" gitu dia tanya ke mamanya. Tapi dari sekian banyak hal yang bikin gue seneng dengan pengalaman pertama Ara ke bioskop adalah waktu dia tiba-tiba colek-colek tangan gue dan ketika gue deketin muka gue ke Ara buat tanya ada apa, Ara mendaratkan satu kecupan di pipi gue sambil bilang, "Makasih ya, Ayah ... Filmnya bagus ..." Gak bakalan gue tuker indahnya momen itu dengan mobil mewah sekalipun (mungkin kalo ditambah dengan rumah mewah, bisa gue pertimbangin ... hehehehehe!)

Film selama kurang lebih dua jam itu ternyata too much buat Ara. Dia beberapa kali nanya ke gue kapan kita akan pulang. Tapi gue yakin itu semata-mata karena dia udah ngantuk dan kepengen cepetan tidur, bukan karena pengalaman nonton pertamanya gak menyenangkan. Buktinya, setelah kita sampe rumah dan kita ganti pakaiannya dengan baju tidur, Ara dengan senang hati naik ke tempat tidurnya dan dalam sekejap terbang ke alam mimpi (mungkin mimpi tentang betapa senengnya dia nonton Laskar Pelangi bareng ayah dan mamanya ...)

1 komentar:

JengMayNot mengatakan...

Naah... SoyJoy belum jadi klien gw tuh ;-) Ayo, adik ipar loe suruh bikin riset sama gw, ntar gw beli deh SoyJoy-nya... HAHAHAHA...

BTW, sama aja Ara sama Ima. Ima juga seringnya ngabisin popcorn duluan ;-)